Kemenpora RI Lakukan Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Angkat Besi di Kabupaten Blora

BLORA KUNCARA
0

 



Blora  - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI melalui Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, bekerja sama dengan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora menggelar Tes Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Angkat Besi Tahun 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 orang peserta yang merupakan siswa/siswi SD, SMP di Kabupaten Blora dengan venue pelaksanaan di Gor Mustika. Pelaksanaan tes ini dilaksanakan mulai tanggal 22 sampai dengan Juli. Kegiatan ini diisi oleh narasumber yang merupakan perwakilan dari Pengurus Pusat Federasi Angkat Besi Indonesia (PABBSI), serta melibatkan guru pendidikan jasmani, pelatih angkat besi, dan akademisi setempat.

Iwan Setiyarso Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora  menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang telah menyelenggarakan kegiatan Tes Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Angkat Besi dalam rangka memberikan perhatian kepada generasi pada cabang olahraga angkat besi. 

“Kita sangat merespon dan menerima program ini serta memanfaatkan semaksimal mungkin untuk menjadi calon-calon atlet muda berbakat khususnya cabang olah raga angkat besi, kami berharap dapat menemukan talenta-talenta muda yang memiliki potensi besar untuk dibina menjadi atlet professional dan membawa harum Indonesia dikancah Nasional maupun Internasional," tutur Iwan di ruang Sapta pesona, Dinporabudpar, Senin (22/7/2024).

Menurutnya saya berharap juga ada potensi-potensi di olahraga lain yang berada di Blora, terlebih diblora juga terdapat beberapa atlet dari Blora yang sudah mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional.

"Dari Blora ada M. Yasin dan Siti Nafisatul Hariroh, oleh sebab itu dengan adanya kegiatan ini tentunya nanti muncul atlet atlet lain dan pastinya bisa mewujudkan program-program Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk kemajuan olahraga di Indonesia," ujarnya.

Dr. Susana Analis Kebijakan Ahli Muda pada Asdep Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi, Kemenpora, mengatakan kegiatan Identifikasi bakat cabang olahraga unggulan dbon cabang olahraga angkat besi kabupaten Blora 2024 bertujuan untuk mencari bibit atlet yang ada di Blora. 

"Dengan kegiatan ini diharapkan bisa terjaring anak anak yang memiliki potensial dengan nilai bagus dan nanti dibina di Club Mustika Blora,"ucapnya.

Menurut Susana, dalam kegiatan serupa dilakukan 14 titik Kabupaten/kota dengan sejumlah Cabor yang diantaranya, panjat tebing, panahan, angkat besi, atletik ,menembak, taekwondo, dan dil

"Dari jumlah itu saalah satunya yaitu angkat besi yang diselenggarakan di Blora, Pacitan dan Serang Banten," pungkasnya.

Sementara itu , Ir. Hadi Wihardja Binpres PB PABSI mengatakan dipilihnya Blora tak lepas dari  Raihan  3 emas Islamic game 2022 yang torehan atlet asli Blora, dengan meraih 3 emas 1 perunggu

"Tentunya ini menjadi salah satu alasan dipilihnya Blora, tentunya masih ada bibit atlet yang ada di Blora," ungkapnya.

Hadi mengungkapkan, cabang olahraga angkat besi telah berhasil mengumpulkan prestasi yang cukup bagus dilevel internasional, seperti kejuaraan Sea Games, Olimpiade dan berbagai kejuaraan lainnya. Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Indonesia.

“Kami memiliki kewajiban besar untuk meksimalkan pembinaan para calon atlet angkat besi di daerah melalui penjaringan tes identifikasi bakat,’’ujarnya

Untuk diketahui, pada pelaksanaan Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Angkat Besi yang dilaksanakan pada tanggal 22-24 juli ini, tes yang harus dilakukan oleh para siswa dan siswi kota serang banten yaitu tes antropometri, yang terdiri dari :Tinggi Badan, Berat Badan, Tinggi Duduk, Panjang tungkai, Panjang Rentang Lengan, Lebar Telapak Tangan dan Tes Biomotorik terdiri dari: Sit and reach, tes lari 20 meter, veritical jump test, test shocen, test hold grip kedua tangan, 

Test single squad balance satu kaki kedepan, test plank 1 menit.

Dari 300 peserta siswa dan siswi yang telah melakukan tahapan tes Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Angkat Besi,nantinya akan dipilih 10 anak terbaik untuk difasilitasi dan diberikan pembinaan di Club Angkat Besi Blora Mustika.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)