Sidak Makanan Jelang Lebaran, Dinkes Blora Temukan Makanan Mengandung Formalin

BLORA KUNCARA
0

BLORA - Petugas Gabungan di Kabupaten Blora menemukan makanan mengandung pewarna tekstil atau Rhodamin B serta formalin saat melakukan inspeksi mendadak di pasar rakyat yang berada di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Senin (25/5/2023).

Sidak itu dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, bersama Dinas Pangan Pertanian Peternakan Perikanan (DP4), Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blora dalam rangka menjelang hari raya idul fitri. Petugas berkeliling membeli beberapa produk untuk dijadikan sampel untuk diuji laboratorium keliling.

Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Edy Widayat mengatakan makanan positif mengandung Rhodamin  itu didapatkan dari sampel makanan yang diambil. Di mana, 15 sampel yang diuji, tiga diantaranya positif mengandung Rhodamin.

“Hari ini kami sidak di pasar Ngawen, kami mengambil 15 sampel , ada tiga sampel yang positif yang pertama adalah krupuk pantil yang warna merah itu postif Rhodamin. Dan ada dua lagi yaitu cumi kering dan teri kering postif formalin” kata Edy Widayat saat berada di pasar Ngawen Blora.

Edy Widayat menyampaikan, apabila masyarat mengkonsumsi makanan tersebut akan membayakan Kesehatan.

“Dampak kepada Masyarakat tentu dalam jangka lama akan mempengaruhi Kesehatan,”ungkapnya.

Atas temuan itu, pihaknya akan menelusuri produksinya. Sebab, makanan pewarna tekstil dapat memicu kanker, hingga kerusakan hati dan ginjal.

Untuk sementara, pihaknya akan melakukan pembinaan terlebih dahulu pada para pedagangnya. Namun, kalau berkali-kali menjual makanan serupa dan tidak bisa diingatkan, maka akan diberikan sanksi tegas.

Untuk memaksimalkan pencegahan peredaran produk pangan tak layak konsumsi di wilayah Blora, pihaknya akan kembali melakukan pemantauan jelang lebaran.

 “Yang kami sidak rencana ada 6 pasar, dan hari ini kami baru berjalan dua pasar  yakni pasar Sido Makmur dan Pasar Ngawem,”katanya.(Ag)

 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)