Gencar Lakukan Sosialisasi GERMAS, Dinkes Blora Berharap Masyarakat Bisa Terapkan Hidup Sehat

BLORA KUNCARA
0

 


BLORA – Dinas Kesehatan Kabupaten Blora berharap kegiatan  sosialisasi gerakan hidup sehat pada masyarakat, atau biasa dikenal germas bisa diterapkan oleh masyarakat di Kabupaten Blora. Di wilayah Blora sendiri hingga kini sosialisasi Germas genjar dilaksanakan.

“saya berharap masyakarat bisa menjalankan gerakan hidup sehat yang diperoleh dari penyuluhan tim kesehatan untuk bisa dilaksanakan agar warga bisa minimal diri kita sendiri untuk melakukan hidup sehat,”ungkap Edy Widayat selaku Kepala Dinas Kehatan Kabupaten Blora usai memberikaan sosialisasi terkait kegiatan Germas yang berlokasi di Lapangan Gedangdowo, Selasa (24/10/2023).

Dirinya juga menyampaikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

“Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar”, tutur Edy

Dalam sosialisasi Germas tersebut juga dihadiri oleh Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dr. H. Edy Wuryanto,Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Direktur Poltekes Kemenkes Semarang, Perwakilan Dinas Kesehatan Jawa Tengah, perwakilan Dinkes Blora, dan kurang lebih 500 peserta dari beberapa desa di Blora.(Ag)

 

 

 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)