Dinkes Pastikan Belum Ada Pasien Cacar Monyet di Blora

BLORA KUNCARA
0

 

Kepala Dinas Kesehatan Blora, Edi Widayat SPd MKes MH, Selasa (22/10/2023).

BLORA – Dinas Kesehatan Blora  memastikan belum mendapati pasien terindikasi monkeypox atau cacar monyet di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Saat ini dinas terus melakukan monitor terhadap penyebaran penyakit langka yang ditularkan lewat virus.

“hingga kini Blora belum ada laporan sama sekali.” Ungkap Kepala Dinas Kesehatan Blora, Edi Widayat SPd MKes MH, Selasa (22/10/2023).

Meski belum adanya laporan dan temuan terkait warga yang terindikasi kerna cacar monyet, Dirinya selalu memberikan himbauan kepada masyarakat tetap waspada.

”tetap waspada kerena itu sianosis menular dari hewan ke manusia,”jelasnya.

Sekedar diketahui, belum lama ini Kementerian Kesehatan RI mencatat dua kasus cacar monyet terjadi di Indonesia sejak pertama kali terdeteksi pada Agustus 2022. Penyakit ini memiliki gejala demam akut, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, dan kelelahan. 

Cacar monyet juga dapat menyebar melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi seperti monyet, tikus dan tupai, atau melalui benda yang telah terkontaminasi virus.

Jika dilihat tingkat berbahayanya, cacar monyet masuk dalam kategori ringan. Di beberapa kasus penyakit yang mirip cacar air ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.(Ag)

 

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)