Tekan Tingginya Angka Stunting, Dinkes Blora Terus Kampanyekan Germas

BLORA KUNCARA
0

 


BLORA – Dinas Kesehatan Kabupaten Blora terus mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kali ini kegiatan diadakan di Kampus 4 Poltekkes Kemenkes Semarang di Blora, Jumat (14/07/2023).

 Dengan terus mengkampanyekan Germas, diharapkan mampu mewujudkan masyarakat hidup sehat dan bisa mengurangi tingginya angka stunting di wilayah Kabupaten Blora.

Untuk menangani masalah stunting Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dinilai sangat efektif.Gerakan itu dipandang mampu untuk menekan kasus gizi buruk pada anak serta menekan tingginya angka stunting.

Sekretaris Dinas Kesehatan Blora Nur Betsia mengatakan, kampanye Germas memang terus digencarkan mulai dari tingkat kabupaten hingga desa dan kelurahan. Melalui kegiatan ini diharapkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan pola hidup sehat semakin meningkat.

”Germas ini memang terus digencarkan mulai dari kabupaten, kecamatan hingga desa-desa dan kelurahan. Tujuannya satu untuk mewujudkan masyarakat blora sehat melalui Germas, serta bisa mengurangi angka stunting dan menekan kasus gizi buruk pada anak,” kata Nur Betsia saat membuka kampanye Germas.

Dalam kegiatan tersebut, hadir juga ketua tim penggerak PKK Blora, Ainia Sholichah dan Ketua Prodi Keperawatan Kampus 4 Poltekkes Kemenkes Semarang Joni Siswanto.

Betsia mengungkapkan, Gerakan Germas dapat maksimal apabila dilakukan secara bersama-sama dengan lintas sektoral. Bukan hanya kader posyandu dan petugas kesehatan.

 ”Germas dapat terwujud jika ada peran semua pihak. Seperti PKK dan para kader lain. Tidak hanya Dinkes saja,” jelas Betsia.

Betsia juga mengapresiasi para kader yang telah bekerja keras mewujudkan Germas ini. Mereka bekerja sangat luar biasa meski tanpa digaji.

 “Kader ini luar biasa. Tidak ada honor tapi kerjanya membantu Germas luar biasa. Saya ucapkan terima kasih untuk para kader ini,” ucapnya.

Sementara itu Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Blora Ainia Sholichah dalam sambutannya mengatakan, Germas dapat dilakukan dengan cara mudah. Seperti selalu berpikir positif dan menerapkan olahraga seperti senam.

“Kegiatan senam itu juga cara mudah mengampanyekan Germas. Saya berharap ini bisa dilakukan minimal seminggu sekali di tiap desa/ kelurahan. Ada juga positif thingking, jangan suka omongin orang yang jelek-jelek,” ungkap Ainia.

 Ainia juga mengajak, para kader bisa terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya hidup sehat dengan makan-makanan yang bergizi serta rajin berolah raga.

”Ayo masyarakat diajak untuk menciptakan perilaku hidup sehat, makan makanan yang bergizi,”jelasnya. (Ag)

 

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)