Ratusan Kambing Jenis Etawa Ikuti Kontes Jelang Idul Adha

BLORA KUNCARA
0

 




BLORA - Jelang Idul Adha ratusan kambing jenis peranakan etawa (PE) ras Kaligesing mengikuti lomba kontes "nyancang bareng" yang bertempat di komplek  pasar hewan Blora, Minggu (11/6/2023).


Kontes kambing peranaan etawa yang dilakukan sehari tersebut  diikuti kurang lebih tiga ratus ekor kambing yang dikhususkan  peserta asli dari Kabupaten Blora Jawa Tengah dengan peserta menunjukan kaartu tanda pengenal (KTP). 


Menurut Panitia, Bripka Puguh Agung Dwi Pambuditomo,  mengatakan kontes kambing etawa ras Kaligesing ini merupakan yang pertama yang digelar di wilayah Kapubaten Blora yang bertempat di lokasi pasar hewan Blora. 


"Ini merupakan even perdana kami, sejarah baru diwilayah Blora kontes kambing PE Kaligesing,"kata Puguh yang juga merupakan seorang Polisi RW. 


Dirinya selaku Polisi RW menjelaskan, berawal dari usulan dan masukan dari beberapa peternak kambing yang ada di Blora agar adanya  kontes kambing etawa menjelang Idul Adha serta sebagai ajang silaturahmi antar peternak, meningkatkan jumlah peternak dan komunikasi menambah pengalaman ternak dan pemeliharaan.


"Ini berawal kami mendapat usul dan saran dari para peternak, kebetulan saya sebagai polisi RW menerima aspirasi mereka dan bergerak bersama gotong royong yang akhirnya kita adakan acara ini secara gratis," Jelasnya. 


Puguh menjelaskan, Kelas yang dilombakan ada 6 kategori. Mulai dari kelas jantan poel, betina poel,doro, cemoko dan cempe jantan betina. Sedangkan kriteria penilaian terdiri dari postur tubuh, panjang telinga, warna bulu, bentuk kepala, ekor, leher, kaki dan tanduk.


Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman, sangat mengapresiasi terkait kegiatan kontes kambing etawa yang diselenggarakan oleh panitia, dirinya berharap kegiatan ini bisa kembali digelar tahun depan yang lebih besar. 


"Kontes kambing etawa, potensinya sangat luar biasa, tahun depan kita adakan yang lebih besar lagi Bupati CUP," kata Bupati Arief saat membuka acara lomba kontes Kambing etawa tersebut. 


Pantauan dilapangan, kambing yang di ikutkan pentas menpunyai nilai jual yang sangat tinggi, mulai dari Rp. 5 juta rupiah hingga Rp. 20 juta rupiah. 


Azis salah satu peserta menyampaikan, kambing  miliknya yang diikutkan kontes pernah ditawar orang senilai Rp. 20 juta rupiah. Dan menjelang Idul Adha ini pesanan kambingpun sudah mulai ramai. 


"Pernah ditawar Rp. 20 juta mas, tp belum jadi, dan kalau pesanan kambing buat korban ini sudah mulai banyak datang dari Jakarta," ungkapnya. (Ag) 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)