Dekatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Dinkes Blora Akan Bentuk Posyandu Prima

BLORA KUNCARA
0

 


BLORA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, Jawa Tengah berencana akan membentuk pos pelayanan terpadu (Posyandu) Prima.

Kepala Dinas Kesehatan Blora, Edy Widayat, menjelaskan  Posyandu Prima adalah sebagai upaya mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

"Posyandu Prima merupakan salah satu transformasi dibidang kesehatan yang di launching oleh menteri kesehatan yang fungsinya adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Ungkap Edy, Selasa (11/4/2023). 

Edy menjelaskan, saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Blora baru tahap perencanaan untuk menuju posyandu prima. Posyandu Prima dibentuk juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas posyandu sebelumnya.

"Sebenarnya kita ingin mengembangkan yang dulunya PKD Polindes itu kita buat Posyandu Prima dengan menambah peralatan dan tenaga yang ada,"ujarnya.

Dikatakan Edy, selama ini Polindes hanya ada satu tenaga kesehatan yakni Bidan. Dirinya berharap nantinya memenuhi posyandu prima harus ada satu bidan dan satu perawat di tiap desa.

"Ini kita baru mengusulkan ke pemerintah kabupaten, kalau bidan kan tiap desa sudah ada, namun kalu perawat kan belum ada," kata Edy. 

Tidak hanya itu, disebutkan Posyandu Prima akan lebih mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat karena terintegrasinya seluruh layanan dan dibuka setiap hari.

Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan maksimal. Sehingga masyarakat sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan yang menjadi harapan bersama dapat diwujudkan.

“Rencanaya kami akan melaunching bulan Juni atau Juli untuk menjadikan percontohan satu Puskesmas satu Posyandu Prima,” tandasnya.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)