Pentingnya Bahasa Krama Bagi Anak - anak

BLORA KUNCARA
0

 


Penulis    :  Duta Dwi Sejati, S.Pd.

Guru        :  SDN 1 Kemiri


Bahasa adalah lambang bunyi yang digunakan oleh orang-orang untuk berkomunikasi, pentingnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk interaksi yang penting dalam kehidupan. Bahasa krama adalah Bahasa yang digunakan oleh masyarakat Jawa pada umumnya, kini sudah mulai dilupakan. Banyak orang tua yang mengajarkan Bahasa Indonesia sejak kecil karena dirasa Bahasa Indonesia mudah dipahami dan mudah diajarkan, padahal penggunaan Bahasa Jawa yang baik dan benar merupakan tolok ukur tingkat kesopanan bagi masyarakat Jawa.

Hal ini menjadi PR yang sangat penting bagi pendidik terutama didaerah Jawa, mengajarkan Bahasa krama adalah hal yang perlu diajarkan kembali agar anak-anak memiliki bekal nantinya. Penggunaan Bahasa Krama pada umumnya digunakan oleh anak atau orang yang lebih muda pada orang yang lebih tua seperti, bapak, ibu, kakek, nenek, guru dan yang lainnya.

Kemampuan berbahasa akan menjadi modal yang utama bagi anak dalam melakukan komunikasi dengan teman, guru, dan juga orang yang lebih tua dilingkungannya. sehingga, Bahasa inilah yang nantinya akan mengantarkan anak untuk memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan semua orang.

Dengan pemberian ilmu pendidikan dari sekolah yaitu pembiasaan penggunaan bahasa yang sopan, maka nantinya anak akan terbiasa untuk berbicara dengan menggunakan Bahasa Krama  dalam kehidupan sehari-hari, dengan pembiasaan seperti itu maka nantinya akan terbentuk pribadi yang baik, sopan  dan santun. Pembiasaan dalam penggunaan Bahasa krama pada anak dapat dilakukan  baik disekolah maupun di rumah, tentunya sebagai pendidik perlu memberikan pengetahuan tentang berbagai penggunaan bahasa krama dan cara mempraktikkan secara lisan secara baik dan benar.

Inilah harapan kita agar anak tidak melupakan kebudayaan yang ada di Jawa yaitu kebudayaan penggunaan bahasa krama ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, maka harapannya adalah para orang tua tidak hanya mengajari anak Bahasa Indonesia saja namun juga harus mengajari anak-anaknya untuk membiasakan diri menggunakan Bahasa Jawa krama  sejak anak dalam tahap usia dini dilingkungan keluarga.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)