Peringati HPN 2023, PWI dan Dinkominfo Blora Gelar FGD

BLORA KUNCARA
0

 

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora mengelar  Fokus Group Discussion (FGD) yang bertempat di pendopo Samin Desa Sambongrejo, Kecamatan Sabong, Kabupaten Blora, Selasa (21/2/2023).

 

 

BLORA – Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora mengelar  Fokus Group Discussion (FGD) yang bertempat di pendopo Samin Desa Sambongrejo, Kecamatan Sabong, Kabupaten Blora, Selasa (21/2/2023).

Tak hanya memperingati HPN 2023, namun acara FGD  yang bertemakan “Pers Edukatif, Membangun Blora Barokah” juga bertepatan dengan dua tahun kepemimpinan Bupati Blora Arief Rohman dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati.

Acara FGD tersebut dihadiri narasumber dari Bupati Blora Arief Rohman, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud, serta Wakil Ketua DPRD Blora Siswanto dan Mbah Pramugi Prawiro Widjojo sesepuh Sedulur Sikep Sambongrejo.

Sementara itu tamu undangan terdiri dari unsur Forkopimda, Forkompimcam Sambong, anggota PWI Blora, Administratur Perhutani, Pertamina, Exxon Mobile, Kejaksaan Negeri Blora, Kodim 0721/Blora, Kepala Dinkominfo Blora, PT GMM, Camat Blora, PMI, Kades serta perangkat desa, LSM dan Media di Blora.

Ketua PWI Blora, Heri Purnomo dalam sambutannya mengatakan, bahwa pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan acara peringatan HPN 2023 di Kabupaten Blora.

“Saya ucapan terima kasih kepada Pemkab Blora dan seluruh mitra PWI BUMN ,BUMD dan seluruh elemen masyakt yang telah memberikan supportnya di acara HPN 2023,” ucap Heri Purnomo.

Heri berharap dengan diselenggarakan acara FGD di Kampung Samin Sambongrejo ini bisa meningkatkan potensi wisata yang ada di Blora.

“Ini suatu contoh bahwa kami dari PWI Blora berkomitmen untuk mendukung program dari Pemkab Blora. Seperti tema dalam acara FGD ini yaitu Pers Edukatif Membangun Blora Barokah,” ungkap Heri Purnomo.

“Semoga acara FGD ini berjalan dengan lancar tanpa ada halangan suatu apapun,” tandas Heri Purnomo.

Pihaknya mengajak semua media yang ada di Blora untuk selalu profesional dalam menulis, sesuai kode etik jurnalistik.

“Mari kita beri edukatif kepada masyarakat, bagimana menjadi jurnalis yang profesional,” tutur wartawan MNC Group itu.

Sebelumnya, telah digelar beberapa rangkaian HPN tahun 2023, dimulai sejak 23 Januari dengan lomba foto, video, karya jurnalistik, tingkat pelajar.

Kemudian tasyakuran HPN tepat di 9 Februari 2023 dengan mengumumkan pemenang lomba dan potong tumpeng di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora.

Selanjutnya dilanjutkan ziarah ke makam wartawan senior yang sudah almarhum, tak lupa baksos di TPA hingga gelaran wartawan menanam pada hari ini.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, masyarakat Blora dan Pemkab Blora sekali lagi mengucapkan selamat HPN tahun 2023.

"Semoga ke depan kita semakin bisa memberikan kontribusi dan manfaat positif untuk kabupaten Blora," ucap Arief Rohman.

Dalam FGD tersebut Bupati Blora Arief Rohman juga menyampaikan capaian-capaian selama dua tahun kepemimpinannya, seperti Infrastruktur jalan yang layak 'Dalane Alus' memang menjadi hal yang diinginkan oleh masyarakat Kabupaten Blora selama ini. Sebelumnya, kondisi kerusakan jalan yang ada di Kabupaten Blora cukup memprihatinkan.

Paham akan kondisi tersebut, dalam kurun dua tahun masa kepemimpinan Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, sebanyak 156 kilometer jalan kabupaten kini telah berhasil dibangun.

"Alhamdulillah terkait infrastuktur jalan, khususnya jalan kabupten di luar jalan nasional dan di luar jalan desa, di tahun 2021 kemarin kita membangun hampir sekitar 40 km dari anggaran hampir 90 miliar, kemudian di tahun 2022 Alhamdulillah mmeningkat menjadi sekitar 116 km dengan anggaran hampir 308 miliar," papar Bupati Arief dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar PWI Blora dalam rangka HPN 2023, Selasa (21/2/2023) di Pendopo Sedulur Sikep Sambongrejo.

Bupati yang dilantik pada 26 Februari 2021 lalu ini mengungkapkan, bahwa pada tahun 2023 ini pembangunan infrastuktur jalan juga akan terus dilakukan.

Mengingat masih banyak ruas jalan yang dinilai strategis namun masih perlu untuk dilakukan pembangunan.

"Masih banyak yang menjadi PR kita, oleh karena itu tahun iki kita akan teruskan pembangunan," jelasnya

Hal tersebut dilakukan, salah satunya untuk membuka akses transportasi menjadi lebih mudah, sehingga nantinya bisa mendorong perekonomian masyarakat dan sektor lainnya untuk berkembang. Seperti halnya ruas jalan Randublatung-Ngawi.

"Kita mendorong juga usulan untuk Inpres jalan untuk beberapa ruas yang memang menurut kami strategis untuk membuka akses terutama yang menjadi prioritas kita Randublatung arah Ngawi," ungkap Bupati

Selain itu, pihaknya juga telah menyampaikan usulan dan secara aktif berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun pusat, kaitanya dengan perbaikan ruas jalan provinsi yang ada di Blora.

"Terkait jalan provinsi, kita juga sudah usul kepada Pak Gubernur agar menjadi atensi," ungkapnya

Bupati Arief mengungkapkan akses jalan yang memadai sangat diperlukan untuk mendukung pembangunan kawasan Cepu Raya.

"Kita sekarang sedang merancang desain untuk pengembangan Cepu Raya bagaimana Cepu akan menjadi pusat ekonomi, kesenian, kebudayaan, pariwisata dan sektor-sektor lainnya menjadi magnet kabupaten lain kita membentuk kawasan,"  paparnya

Adanya Bandara Ngloram, tambah Bupati, diharap dapat turut membuka akses di Jawa Tengah bagian timur khususnya di perbatasan Jawa Timur.

"Alhamdulillah  Bandara Ngloram beroperasi kembali diharspkan membuka akses Jawa Tengah bagian timur, khususnya perbatasan dengan Jawa Timur," pungkasnya

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan piala para pemenang lomba rangkaian HPN tahun 2023 ini secara simbolis yang langsung diserahkan Forkopimda Blora dan PWI Blora. (Ag)


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)